Fakta Menarik Venue Asian Games 18th Jakarta Palembang

DP-BBM-terbaru-mudik-lebaran-2015
BAGAIMANA PERSIAPAN PERJALANAN MUDIK ANDA?
May 31, 2018

Fakta Menarik Venue Asian Games 18th Jakarta Palembang

8726ecaedff321679f3561595b5d997b-1

VII-3aweb plm

Gambar: indonesiabaik.id

 

Halo, Sobat Proyek. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang venue yang akan digunakan di ajang perhelatan olahraga terbesar di Asia, apalagi kalau bukan Asian Games. Di Asian Games 2018 ini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah ajang akbar tersebut, tepatnya di Jakarta dan Palembang. Asian games 2018 sendiri akan mempertandingkan 40 cabang olahraga dengan 363 nomor pertandingan dari 45 negara peserta. Pemerintah menyediakan 94 venue pertandingan yang tersebar di empat wilayah, yakni:

  1. Jakarta I meliputi kawasan Gelora Bung Karno dan sekitarnya
  2. Jakarta II meliputi kawasan Jakarta International Expo (JIEXPO) kemayoran
  3. Jakarta Suburb Cluster atau daerah pendukung seperti Bekasi dan Cikarang
  4. Jakabaring Sport City Palembang.

Adapun beberapa venue tersebut adalah:

  • Stadion Gelora Bung Karno

095497800_1515763888-Foto_Liputan6.com

foto: google

Pembukaan Asian Games pada 18 Agustus 2018 dan penutupan pada 2 September 2018 nanti akan dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Karno. Pemerintah mengeluarkan biaya Rp770 miliar untuk proyek mempercantik Stadion GBK. Apa saja yang diperbaiki? Bisa dibilang, hampir semuanya. Mulai dari sistem tata suara, sistem pencahayaan, papan skor, rumput, kursi penonton menjadi single seat, hingga akses pejalan kaki di sekitar stadion. Yang paling penting, renovasi Stadion GBK juga termasuk aspek keamanan yang sudah disesuaikan dengan standar FIFA. Dengan standar baru ini, evakuasi dapat dilakukan dalam waktu 15 menit jika terjadi keadaan darurat. Wah, jadi makin keren kayak stadion di luar negeri deh.

  • Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion_Jakabaring

foto: google

Stadion Gelora Sriwijaya adalah bagian dari Jakabaring Sport City alias Kompleks Olahraga Jakabaring di Palembang, Sumatra Selatan. Stadion yang dikenal juga dengan nama Stadion Jakabaring ini adalah salah satu stadion terbesar di Indonesia loh. Dibangun pada tahun 2004 untuk Pekan Olahraga Nasional saat itu, stadion ini sudah jadi venue langganan untuk event olahraga internasional. Beberapa event yang pernah digelar di sana di antaranya AFC Asian Cup tahun 2007, Southeast Asian Games tahun 2011, dan Islamic Solidarity Games tahun 2013.

  • Stadion Aquatic Senayan

035516600_1510309362-20171110-Stadion_Aquatic-HEL_2

gambar: google

Stadion Aquatic Senayan atau Stadion Renang GBK yang masih termasuk ke dalam kompleks Gelora Bung Karno ini memiliki tampilan baru bergaya modern sekaligus retro. Proses pengerjaannya dikerjakan oleh para arsitek yang tergabung dalam Ikatan Arsitek Indonesia dan juga tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Bentuk atapnya yang menyerupai gelombang air didesain oleh arsitek Andra Martin, sebagai simbol dari fungsi stadion sebagai sarana olahraga renang. Tentunya stadion ini sudah memenuhi syarat fasilitas olahraga renang yang ditentukan oleh induk cabang olahraga renang internasional. Bahkan Olympic Council of Asia (OCA) menilai Stadion Aquatic Senayan adalah yang terbesar dan terkeren di seluruh Asia Tenggara!

  • Jakarta International Velodrome

Velodrome-169

foto: google

Selain stadion, Jakarta juga punya velodrome bertaraf internasional dan termegah di Asia Tenggara, yaitu Jakarta International Velodrome. Lokasinya di Rawamangun, Jakarta Timur. Arena yang akan digunakan untuk cabang olahraga balap sepeda ini memiliki panjang lintasan sepanjang 250 meter dengan lebar 7,1 meter, dan kemiringan maksimal 40 derajat. Venue ini memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 3.500 penonton lho! Lintasan di velodrome ini menggunakan kayu asal Rusia yang diproses di Jerman untuk memenuhi standar keamanan lintasan balap sepeda. Kayu ini dapat bertahan hingga 30 tahun asalkan kelembapan udara di velodrome terjaga. Nggak main-main, kemiringan lintasan dan penyambungannya juga harus sempurna agar tidak membahayakan pembalap.

  • Danau Jakabaring Sport City

maxresdefault

gambar: google

Danau Jakabaring untuk cabang dayung ini awalnya memiliki panjang 1.000 meter sekarang untuk Asian Games diperpanjang menjadi 2.200 meter. Juga dibangun tribun penonton dengan kapasitas 2.000 tempat duduk. Kawasan Jakabaring Sport City juga sudah ditetapkan sebagai sebagai kawasan wisata olahraga dan di tengah komplek ini ada danau yang luas dan indah, kini akan menjadi venue dayung dan ski air dengan lintasan terbaik dan tercantik di dunia.

 

Nah itu tadi beberapa venue yang akan digunakan pada saat Asian Games 2018 Jakarta Palembang. Bagaimana menurut sobat proyek? Kita boleh berbangga hati, karena venue-venue yang ada sudah bertaraf international dan beberapa ada yang terbesar bahkan termegah se-Asia Tenggara loh! Maka dari itu kita sebagai tuan rumah seharusnya menyambut dengan antusias dan mendukung program pemerintah untuk mensukseskan Asian Games 2018 ini karena Indonesia akan menjadi sorotan dunia terutama negara di Asia. Dan jangan lupa untuk mendukung para atlit Indonesia yang akan bertanding agar mereka dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Ayo Indonesia!!! ASIAN GAMES 2018 ENERGY OF ASIA!

 

Comments are closed.